13 Cara Ampuh Promosi Website Secara Offline

Website mampu membuat bisnis kita berkembang dengan cara lebih dari sekedar menyebarkan brosur, pamflet, poster, kartu nama, dan cara-cara promosi offline lainnya. Website akan mendukung bisnis kita jika diintegrasikan antara promosi offline dan online.

Berikut beberapa alasan mengapa promosi website dengan cara offline sama pentingnya denga promosi online:

  1. Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website kita, bahkan mungkin tidak mau susah-susah mencari. Ketika website kita diingat pertama kali, maka mereka akan mencari cara untuk dapat mengakses website kita dan jika beruntung, terjadilah transaksi.
  2. Tidak semua orang yang biasa menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine untuk memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin tetap bertanya orang di sekitar mereka meskipun mereka sudah mengerti cara menggunakan search engine. Sehingga, jika kita beruntung website kita-lah yang akan diakses, dan jika beruntung terjadilah transaksi.
  3. Kini untuk menaikkan ranking di search engine sudah semakin ketat persaingannya sehingga kecil kemungkinan bagi calon konsumen untuk menemukan website kita . Jika website kita sudah ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine.
  4. Hukum probablilitas untuk pemasaran berlaku. Semakin banyak orang mengenal website kita melalui berbagai macam cara promosi, maka akan semakin banyak calon-calon konsumen yang akan menjadi konsumen serius.
  5. Dimana ada kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada. Ungkapan ini mungkin cocok bagi kita yang mempromosikan website melalui berbagai macam cara.

Dari kelima alasan  tersebut diatas, maka promosi lewat jalur offline tidak dapat kita abaikan. Berikut adalah ilustrasi hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mempromosikan website melalui jalur offline (klik pada judul untuk melihat lebih detail).

cara-promosi

Berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mempromosikan website melalui jalur offline (konvensional).

  1. Mencantumkan alamat website kita di ATK (Alat Tulis Kantor)

Dengan mencantumkan alamat website di alat-alat tulis kantor, dapat memperkenalkan bisnis kita kepada klien, mitra bisnis, pelanggan, atau siapapun yang membaca alamat website pada salah satu dari barang-barang ini. Alamat website kita dapat dicantumkan di pensil, bolpen, penggaris, kartu nama, kop surat, amplop, invoice/nota, kwitansi, brosur,kartu promosi, dan dokumen perusahaan lainnya. Sehingga mereka dapat melihat dengan jelas alamat website kita dan berpikir bahwa di website kita, informasi lebih detail tentang produk dan layanan kita akan ditemukan. Ini dapat menambah loyalitas pelanggan kita apabila mereka sudah benar-benar mengenali bisnis kita melalui website.

  1. Mengenalkan Brand Melalui Inventaris Kendaraan

Banyak perusahaan besar yang mencantumkan nama atau logo perusahaan mereka di kendaraan-kendaraan dinas/inventaris kantor. Ini adalah salah satu langkah mudah untuk dapat mengenalkan website kita melalui kendaraan, baik itu motor, mobil, truk, pick-up atau kendaraan lainnya. Upaya ini juga yang membuat brand-brand besar dapat menunjukkan  identitas dan brand mereka ke hadapan masyarakat luas sehingga membuat mereka semakin disegani dan diakui. Oleh karena itu, kita bias mengikuti langkah mereka dengan melabelkan nama, logo, juga alamat website di kendaraan. Minimal ada stiker kecil yang menempel di kaca belakang mobil.

  1. Membagikan Aksesoris & Souvenir ke Pelanggan Setia dan Konsumen Potensial

Agar website kita lebih terkenal dan dapat terus diingat oleh konsumen kita, kita juga harus gencar mempromosikan alamat website melalui aksesoris dan souvenir seperti kalender, stiker, mouse pad, mug, kaos, topi, payung, sapu tangan, handuk, asbak, dan masih banyak lagi. Untuk tujuan ini, kita bisa bekerjasama dengan percetakan terdekat.

Usahakan berikan souvenir ini sebagai hadiah gratis dan utamakan diberikan kepada pelanggan setia. Jangan lupa bagikan kepada komunitas yang kira-kira bias menjadi konsumen potensial. Jangan merasa saying dengan biaya yang dikeluarkan karena aksesoris dan souvenir ini dapat menjadi investasi jangka panjang. Kesuksesan jangka panjang memang harus dibayar dengan sedikit pengorbanan.

  1. Mencantumkan Alamat Website di Papan Nama yang Megah

Memasang papan nama yang megah dan mewah di depan kantor merupakan simbol kepercayaan diri, memberikan spirit bagi perusahaan dan karyawan, sekaligus berpromosi ke masyarakat luas, terutama kepada penduduk di sekitar, orang-orang yang lewat, dan tamu-tamu yang berkunjung. Biasanya pencantuman alamat website di papan nama pada perusahaan lain selalu kecil dan tipis, setara dengan alamat kantornya. Namun usahakan alamat website Anda tebal dan besar, sehingga dapat dibaca dari jauh.

  1. Memasang Papan Iklan atau Reklame di Lokasi-Lokasi Strategis

Upaya ini merupakan cara lama yang dilakukan oleh banyak perusahaan besar untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Pemasangan reklame di  lokasi strategis memang butuh biaya besar, namun tidak ada usaha sia-sia apabila memang alamat website Anda sudah terekspos di publik. Semakin banyak orang mengetahui alamat website kita, maka semakin banyak kunjungan yang dating ke website kita. Untuk solusi murah meriah, gunakan spanduk atau baliho dengan beragam ukuran. Pasang reklame atau spanduk di lokasi-lokasi strategis, seperti pasar, ruko, pom bensin, pusat perbelanjaan, persimpangan jalan utama, di depan kampus ternama, kantin, dan lain-lain.

  1. Memasang Iklan di Media Konvensional

Membaca surat kabar harian dan majalah gosip masih merupakan tradisi di negara kita. Iklan surat kabar memang mahal, tetapi kita bisa memulai dari iklan baris yang kecil tapi sering. Kita akan segera menyadari bahwa mengiklankan website melalui media-media konvensional dapat memberi pengaruh besar terhadap peningkatan kunjungan ke website kita.

  1. Memasang Iklan di Media Elektronik

Beriklan melalui radio dan televisi juga sangat efektif untuk mengiklankan website karena dapat menjangkau pemirsa yang luas. Hanya dalam beberapa durasi tayang, pesan kita akan tersampaikan ke jutaan orang. Sayangnya, iklan jenis ini dapat menyita anggaran yang sangat besar. Meskipun demikian, jika perusahaan kita masih kecil atau baru berkembang, kita bisa mencoba beriklan di televisi lokal atau radio lokal.

  1. Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial

Merupakan upaya yang mulia jika perusahaan kita terjun secara aktif dalam kegiatan-kegiatan amal dan sosial. Ada banyak keuntungan yang bisa diraih. Yang jelas, secara alami kita akan dikenal dan mendapat pengakuan yang luas, meskipun tidak memintanya. Perusahaan-perusahaan besar banyak berpartisipasi di kegiatan sosial. Kita bisa menirunya untuk mensponsori event tahunan di daerah misalnya agustusan, acara lebaran, tahun baru atau acara-acara kampung lainnya.

  1. Menyebarkan Pamflet dan Brosur

Brosur dan pamflet dapat menjadi solusi murah-meriah untuk memperkenalkan alamat website  kita ke banyak orang. Brosur dapat berisi artikel-artikel berjenis tips yang menerangkan cara melakukan sesuatu. Jika kita menjual barang elektronik misalnya, brosur kita dapat berisi tips dan trik merawat kulkas, panduan memakai mesin cuci yang baik, atau informasi barang terbaru. Sebarkan brosur ke masyarakat luas, terutama ke calon konsumen potensial.

  1. Membagikan Kartu Nama kepada siapa saja

Kemampuan kartu nama dalam memperkenalkan alamat website dapat mengimbangi kop-kop surat dan selebaran perusahaan. Jadi, pastikan kartu nama kita mencantumkan alamat email dan website. Kita dapat membawa 5-10 kartu dalam dompet kita, lalu diberikan kepada teman, saudara, tetangga, rekan bisnis, kenalan di jalan, atau siapa saja.

  1. Memasang Poster di berbagai tempat strategis

Poster dapat memuat banyak hal seperti gambar dan teks yang ingin kita sampaikan ke masyarakat luas. Gambar dapat memberikan sejuta makna bagi yang melihatnya. Begitu pula dengan kata-kata yang tertulis di dalam poster.

Poster dapat menyampaikan banyak pesan yang akan membuat si pembaca terharu, tersentuh emosinya, atau melakukan sesuatu di luar kesadarannya. Oleh karena itu, kita bias menggunakan peluang ini untuk mendukung bisnis kita. Kita bias menyampaikan banyak pesan bermanfaat kepada khalayak; pesan kemanusiaan, moral,kesehatan, religi dan sebagainya. Pasang atau sebarkan poster di pusat-pusat layanan publik, seperti rumah sakit, ruang kerja dokter, ruang tunggu tamu, lembaga pendidikan, lembaga sosial, instansi pemerintah, dll.

Permudah Pengguna Internet
  1. Menyelenggarakan Event Marketing

Jika bisnis kita ingin besar, jangan ragu untuk menyelenggarakan event-event marketing seperti pameran atau seminar, baik tunggal maupun gabungan. Event marketing bisa menciptakan antusiasme yang besar atas produk dan jasa kita. Pada event marketing, perwakilan perusahaan memiliki kesempatan untuk berbicara kepada media, mengunjungi para pelanggan, dan menggelar konferensi atau press release. Di event

  1. Informasi Mulut ke Mulut

Informasi yang datang dari mulut ke mulut memiliki daya pemasaran yang menakjubkan. Mudah melakukannya  tetapi banyak orang yang justru melewatkannya. Berpromosi mulut ke atau word-of-mouth marketing merupakan metode tradisional, tetapi dapat menjadi cara terbaik untuk meraih pengunjung dalam jangka panjang. Kekuatan dari promosi mulut ke mulut sangat ditentukan oleh pendekatan kita dengan cara memiliki banyak teman dan relasi yang mampu menyampaikan berita ke kawan-kawan lain. Target promosi website dari mulut ke mulut biasanya para remaja, pelajar, mahasiswa, dan terkadang malah asosiasi ibu-ibu rumah tangga. Menyebarkan berita di kelas atau kampus dapat dengan cepat menarik ribuan hit per hari.

Pencarian tentang jasa pembuatan website:

cara memperkenalkan web site ke pelanggan,cara sebarkan promosi,
    • Gita on April 18, 2015 at 6:19 pm

    Reply

    Betul sekali, kartu nama memang ampuh untuk mempromosikan website kita. 🙂

    • Dicky Alam Budhi on December 5, 2015 at 2:57 pm

    Reply

    Mohon info tentang cara promo di website

    • Boy on November 16, 2016 at 11:09 am

    Reply

    Lucu banget sih.. Bukannya membuat SEO kalian lebih powerful tapi malahan memberikan cara promosi online melalui offline. Orang beralih ke online supaya bisa mengurangi biaya promosi offline yg mahal.

    1. Reply

      Silahkan coba sendiri gan bagaimana ribetnya SEO dan bagaimana rasanya kehilangan peluang banyak jika tidak di integrasikan dengan promosi offline.

      Memang lucu, tapi dunia tidak bekerja selucu itu.

  1. Reply

    Solusi dancaranya lengkap sekali!

    Ayo dapatkan buku-buku terbaru dengan diskon meledak hanya di :

    Hon Book Store

    • jumadi on February 28, 2017 at 7:29 pm

    Reply

    CV ANUGRAH

    menerima sedot wc, libah pabrik.
    kusus jakarta dan sekitar nya.
    harga ter jangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Klien Jasa Pembuatan Website Kami