Peluang Bisnis Modal Kecil di Tebing Tinggi: Paket Wisata Lokal

Paket Website Informatif
Paket Website Informatif
Paket Website Informatif
Paket Website Informatif

Industri pariwisata di Tebing Tinggi akan terus berkembang seiring dengan kejenuhan pada tempat wisata lain di luar Tebing Tinggi, sehingga para wisatawan akan memerlukan alternatif destinasi wisata di Tebing Tinggi. Hal ini akan membuat semakin banyak tempat wisata baru yang belum begitu dikenal di Tebing Tinggi tapi mempunyai potensi besar untuk dikembangkan, akan semakin berkembang sebagai obyek wisata alternatif.

Anda bisa menjual Paket Wisata yang menarik dan memanjakan para wisatawan. Anda yang lebih tahu daerah Tebing Tinggi, para wisatawan tinggal terima jadi. Mereka biasanya tidak ingin repot-repot memikirkan obyek wisata, karena tujuan mereka berwisata memang untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran, bukannya repot harus memikirkan wisata yang ingin dituju.

Di sinilah peluang bisnis atau peluang usaha muncul: memanfaatkan kemalasan konsumen. Contoh lain peluang bisnis yang memanfaatkan kemalasan konsumen adalah bisnis warung makan yang memanfaatkan kemalasan memasak sendiri, usaha cuci mobil yang memanfaatkan kemalasan mencuci mobil sendiri, atau bisnis laundry yang memanfaatkan kemalasan mencuci pakaian sendiri.

Jadi, untuk bisnis paket wisata ini, Anda bisa memanfaatkan kemalasan konsumen dengan menyediakan paket wisata agar orang tidak perlu repot untuk survey obyek wisata, survey penginapan, survey dimana beli oleh-oleh dan bahkan keterbatasan pengetahuan konsumen dalam menjangkau obyek wisata dengan adanya rental mobil atau rental motor.

Tapi hati-hati, jangan sampai Anda terlena dalam “memanfaatkan kemalasan konsumen” ini, Anda merusak reputasi Anda dengan mencoba nakal dan curang. Kami mengingatkan diri kami sendiri dan Anda bahwa dalam bisnis, reputasi dan nama baik adalah harta yang tidak ternilai. Sekali dicap buruk, maka akan susah untuk mendapatkan reputasi dan nama baik lagi.

Potensi Pasar Wisatawan di Tebing Tinggi dan luar Tebing Tinggi

Siapa saja pasarnya? Tidak perlu muluk-muluk sampai wisatawan asing dulu. Karena ini adalah bisnis dengan modal kecil, maka Anda bisa mentargetkan untuk wisatawan domestik.

Seperti kita ketahui bahwa Indonesia berpenduduk sekitar 250 juta jiwa, dan semuanya memahami Bahasa Indonesia! Anda menargetkan 1000 orang saja yang menjadi konsumen, seharusnya bukan hal yang sulit apalagi dengan adanya internet seperti sekarang.

Jadi, dengan modal kemampuan berbahasa yang baik, menarik dan energik, bisnis ini dapat Anda kembangkan untuk pasar Indonesia. Lambat laun, seiring berjalannya waktu, pengalaman akan bertambah, dan Anda bisa mengembangkan untuk menargetkan juga wisatawan asing.

Menurut Badan Pusat Statistik Nasional (2014) disini, pada tahun 2013 jumlah wisatawan asing dan domestik di Indonesia yang menginap di hotel berbintang dan tidak berbintang sebanyak 91.327.916 jiwa dengan rincian di bawah. Hal ini menandakan potensi pariwisata di Indonesia sangat besar.

statistik

Berdasarkan data dari BPS di atas, sekali lagi, jika Anda ingin menargetkan 1000 orang saja yang menjadi konsumen, seharusnya bukan hal yang sulit apalagi dengan adanya internet seperti sekarang.

Untuk pangsa pasar wisatawan domestik pada waktu-waktu tertentu akan terjadi lonjakan kunjungan wisata seperti pada saat musim liburan sekolah atau universitas, libur pada hari-hari besar nasional, dan acara-acara khusus sifatnya outdoor yang diselenggarakan oleh instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta. Pada waktu-waktu tersebut, satu sekolah atau kampus bisa membawa ratusan wisatawan dan akan menjadi konsumen Anda.

Paket Wisata tersebut dapat Anda tawarkan di sekitar Tebing Tinggi, luar Tebing Tinggi bahkan ke seluruh Indonesia, seperti:

  1. Sekolah
  2. Universitas atau Kampus
  3. Perusahaan
  4. Instansi pemerintah
  5. Organisasi sosial maupun politik
  6. Komunitas
  7. Pondok pesantren atau majlis taklim

Paket Wisata yang Dapat Dijual di Tebing Tinggi dan ke luar Tebing Tinggi

Lalu apa saja obyek wisata yang bisa dibuat menjadi Paket Wisata di Tebing Tinggi sehingga dapat dijual? Silahkan Anda melakukan telusuri obyek wisata yang bisa Anda jual sebagai Paket Wisata, lalu kategorikan menjadi paket-paket wisata berikut:

  1. Wisata Kuliner dan Kerajinan (makanan khas, oleh-oleh dearah, kerajinan khas daerah)
  2. Wisata Bahari (pantai, wisata bawah laut, diving dan snorkeling atau menyelam di laut, konservasi penyu dan hewan laut, surfing atau berselancar, sunrise dan sunset atau matahari terbit dan terbenam)
  3. Wisata Alam (mendaki gunung, rafting, hiking, camping, trekking, air terjun, penangkaran flora dan fauna yang langka seperti kebun binatang atau taman nasional)
  4. Wisata Bangunan Bersejarah (candi, benteng, keraton atau kerajaan lokal, makam pahlawan)
  5. Wisata Desa Tradisional (tari-tarian, adat istiadat, budaya lokal, kepercayaan, mitos, dsb)
  6. Wisata Religi (ziarah makam wali, makam raja, petilasan tokoh besar)
  7. Dan lain sebagainya

Setelah mengkategorikan wisata diatas, Anda bisa bekerjasama dengan orang-orang yang terlibat di industri pariwisata dan membuatnya menjadi Paket Wisata seperti:

  1. Penginapan (hotel, losmen, homestay)
  2. Kendaraan (penyedia bus wisata, rental mobil, rental motor)
  3. Tempat makan (katering, restoran, warung khas lokal)
  4. Tempat belanja souvenir dan oleh-oleh
  5. Fotografer untuk mengabadikan momen penting wisatawan
  6. Event organizer yang dapat mengelola acara outdoor seperti outbond

Agar Paket Wisata yang akan Anda jual bisa menjangkau luar Tebing Tinggi bahkan ke seluruh Indonesia, jangan lupa untuk survey dulu di internet maupun media lain. Pastikan obyek wisata yang akan Anda jual sudah cukup dikenal oleh warga sekitar Tebing Tinggi dan luar Tebing Tinggi. Sehingga Anda sudah mempunyai target pasar yang jelas, dan dapat membuat Paket Wisata dengan harga yang wajar dan mengambil keuntungan yang wajar pula. Anda dapat melakukan survey melalui media-media berikut;

  1. Indonesia.travel (http://indonesia.travel/id) merupakan situs resmi milik pemerintah Indonesia
  2. Google, cari review atau testimoni tentang wisata yang sudah Anda masukkan dalam paket
  3. Facebook, Twitter, Youtube, dan social media lain
  4. Detik Travel (http://travel.detik.com)
  5. Kompasiana Travel
  6. Blog-blog travel
  7. Dan situs-situs berita lokal atau situs mainstream lain di Indonesia

Mulai Menjual Paket Wisata

Setelah Anda melakukan survey dan menentukan Paket Wisata yang akan Anda jual, Anda perlu mempersiapkan hal-hal berikut:

  1. Alat Komunikasi (Handphone, BBM, Whatsapp, Email, dsb)
  2. Tempat untuk kantor jika ada tamu yang akan berkunjung, bisa gunakan ruang tamu rumah
  3. Website, jika Anda belum punya website, kami siap membantu membuatkan.
  4. Akun media sosial seperti Twitter dan Facebook, kami juga siap membantu menyiapkan
  5. Foto yang menarik, usahakan gunakan kamera yang bagus
  6. Video yang menayangkan wisata, sehingga dapat diunggah di Youtube dan website
  7. Banner atau spanduk, yang menampilkan nama paket wisata dan website Anda
  8. Kartu nama, jangan lupa cantumkan website Anda
  9. Brosur untuk Anda sebar ke berbagai sekolah, kampus, instansi pemerintah
  10. Dan lain-lain yang dapat Anda baca disini

Demikianlah peluang bisnis modal kecil di Tebing Tinggi yang dapat Anda tangkap dan garap sehingga selain mendapatkan keuntungan dari bisnis ini, Anda juga dapat berbuat untuk bangsa dengan cara membantu mengembangkan obyek wisata lokal di Tebing Tinggi dikenal oleh dunia.

Anda merasa sangat bersemangat?

Paket Website Informatif
Paket Website Informatif
Paket Website Informatif
Paket Website Informatif

Segera lakukan aksi sekarang!

Segera isi form Request Proposal, dan ijinkan kami membantu Anda menyiapkan website untuk menjual Paket Wisata Anda di Tebing Tinggi.