Penjelasan Optimasi Website

Penjelasan Fitur Optimasi Website di Google

Mulai tahun 2017, Beresweb.com menambahkan fitur baru bagi para pemesan website. Yaitu fitur Optimasi Website untuk mesin pencari terutama Google.

Di halaman ini, kami akan memandu Anda untuk menentukan Kata Kunci Optimasi yang akan diterapkan di website Anda, agar fitur Optimasi Website Beresweb.com dapat berjalan dengan baik.

Baik, kita awali dari apa itu SEO.

Menurut Wikipedia, optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas kunjungan melalui mesin pencari menuju website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan website pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci (selanjutnya kita sebut keyword) di halaman pencarian Google, kita akan melihat daftar website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.

Perlu diperhatikan, yang kami maksud dengan website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads). Lihat gambar:

manfaat-seo-bagi-sebuah-bisnis-900x658

Sumber: https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html

Untuk mempelajari lebih lengkap mengenai manfaat dan keuntungan website yang sudah teroptimasi dengan baik di Google, Anda dapat membaca artikel Maxmanroe.com disini.

Menentukan Keyword/Kata Kunci Untuk Website Anda

Fitur Optimasi Website Beresweb.com ini tidak dapat berlaku untuk keyword yang terlalu umum. Karena itu, Anda harus menentukan keyword yang spesifik berdasarkan lokasi kota Anda dan niat pencarian atau search intent.

Apa itu search intent?

Jika selama ini kita menganggap semua keyword atau kata kunci pencarian itu sama, kenyataannya tidak demikian. Kita harus menilai keyword berdasarkan intent/niat dari pencarinya.

Tidak semua keyword punya nilai yang sama. Ada keyword yang dicari oleh banyak orang, tapi sama sekali tidak berguna untuk bisnis Anda. Ada juga keyword yang volumenya sedikit, tapi nilainya tingggi untuk bisnis Anda.

Search intent diartikan sebagai apa maksud atau tujuan dari pencarian yang dilakukan, atau dalam kata sederhananya kita bisa memprediksi niat orang melakukan pencarian keyword di Google.

Contohnya, ada orang yang melakukan pencarian di Google dengan keyword berikut:

“laptop asus”
“beli laptop asus”
“laptop asus terbaik di bawah 5 jutaan”

Kira-kira apa hasil pencarian yang mereka harapkan untuk masing-masing keyword tersebut?

Coba dibayangkan.

Wajarnya seperti ini:

“laptop asus” -> Ingin mengetahui jenis laptop dari web resmi ASUS
“beli laptop asus” -> Ingin membeli laptop ASUS
“laptop asus terbaik di bawah 5 jutaan” -> Ingin mencari artikel rekomendasi laptop ASUS berdasarkan harga

Masuk akal kan? Dengan mengetahui maksud atau intent tersebut, kita bisa membayangkan konten apa yang diinginkan oleh pencari.

Inilah cara kerja Google.

Google paham bahwa orang yang menggunakan kata kunci “beli laptop asus” pasti ingin membeli, maka dari itu halaman produk dari toko online akan mendapatkan peringkat atas. Sedangkan konten artikel berisi informasi, mustahil bisa mendapatkan halaman 1 untuk keyword tersebut.

Bagaimana dengan keyword pertama (“laptop asus”)? Google paham bahwa user butuh informasi resmi/terpercaya. Maka dari itu, akan sangat sulit bagi website baru untuk bersaing di keyword ini.

Itulah search intent.

Lebih lengkapnya, kita bisa bagi search intent ke dalam 4 kategori.

Search intent #1 – Informational

Seperti namanya, orang yang menggunakan keyword informational pasti butuh informasi dengan cepat.

Contohnya:

“kalori tempe”
“siapa presiden pertama indonesia?”
“nilai dolar amerika hari ini”
“cara membuat blog”
“gejala demam berdarah”
Maka dari itu, konten yang kita berikan harus berupa informasi.

Informational intent merupakan keyword yang paling banyak volumenya dibandingkan intent lain, namun belum tentu berguna untuk website Anda. Karena itu, website yang berisi informasi banyak bertebaran di internet.

Search intent #2 – Navigational

Keyword jenis ini biasanya volumenya besar, tapi tidak ada manfaatnya untuk bisnis Anda. Biasanya karena si pencari ingin langsung mengunjungi suatu website ketika melakukan pencarian, maka dari itu website lainnya tidak akan mendapatkan pengunjung.

Contohnya:
“detik com”
“kaskus lounge”
“login facebook”
Mereka yang menulis keyword tersebut pasti ingin langsung ke website resminya, mereka cuma menggunakan Google sebagai sarana ‘numpang lewat’. Jadi, hindari keyword ini.

Search intent #3 – Commercial Investigation

Ketika akan membeli suatu produk, apalagi yang harganya tinggi, biasanya kita tidak langsung beli begitu saja. Kita akan search dulu di Google. Kita akan membaca-baca dulu supaya tahu betul mana yang terbaik, belinya dimana, harganya berapa, apakah sedang ada promo atau tidak.

Inilah keyword commercial investigation. Keyword yang kita gunakan ketika ingin mempelajari tentang produk/jasa tertentu sebelum membeli.

Contoh:
“hp android di bawah 5 jutaan”
“harga kamera canon d330”
“tempat kursus bahasa inggris di bandung”

Keyword jenis ketiga ini berpotensi menghasilkan pembeli.

Meskipun mereka mungkin belum ingin membeli langsung saat itu juga, tapi minimal mereka sudah pikir-pikir. Tugas kita adalah meyakinkan mereka. Kalau anda ingin menjual produk/jasa, cari sebanyak-banyaknya keyword commercial investigation yang berhubungan dengan bisnis anda. Kemudian siapkan konten yang berkualitas dan tepat sasaran.

Search intent #4 – Transactional

Ini tingkatan yang paling tinggi. Orang yang melakukan pencarian di Google menggunakan keyword transactional berarti sudah siap membeli suatu produk/jasa.

Contoh:
“beli baju batik solo”
“jasa sedot wc surabaya”
“jual sayuran murah di jakarta”
Kalau anda menjual produk atau jasa, anda harus punya keyword ini.

Meskipun volume pencariannya sedikit, tapi tingkat konversinya sangat besar. Dibandingkan dengan keyword informational, volume besar tapi konversi kecil.

Tapi sayangnya, persaingan keyword seperti ini sangat berat. Apalagi kalau anda menjual produk-produk yang populer. Biasanya sudah ada situs ecommerce raksasa seperti Lazada, MatahariMall, Zalora, dll.

Website baru akan kesulitan untuk mengalahkan para raksasa tersebut. Oleh karena itu, selanjutnya akan kita bahas bagaimana strategi yang harus anda lakukan.

Untuk menggunakan fitur Optimasi Website Beresweb.com dengan efektif, sebaiknya kata kunci/keyword pilihan yang akan diterapkan di website Anda hanya keyword transactional saja mengingat tingginya tingkat persaingan di Google.

Bagaimana cara menentukannya?

Meminjam istilah dari buku Playboy Marketing karangan Ali Akbar, yaitu Kata Kunci Beruang (KKB) yang merupakan sinonim dari keyword transactional. Kata kunci beruang adalah kata kunci yang sangat berpotensi mendatangkan penjualan dari website Anda. Anda dapat memilih salah satu dari 12 kata berikut:

  1. Jual
  2. Beli
  3. Sewa
  4. Bekas
  5. Murah
  6. Panggilan
  7. Jasa
  8. Gratis
  9. Bonus
  10. Diskon
  11. Harga
  12. Cari

Untuk lebih mengoptimasinya, kita gunakan rumus:

KKO = KKB+KKI+KKL

  • KKO = Kata Kunci Optimasi (kata kunci yang diterapkan pada fitur Optimasi Website Beresweb.com)
  • KKI = Kata Kunci Informasi produk (barang/jasa) Anda
  • KKB = Kata Kunci Beruang (transactional keyword)
  • KKL = Kata Kunci Lokasi kota Anda

Sebagai contoh Anda menjual sayuran organik di Surabaya, maka Kata Kunci Optimasinya adalah:

Jual (KKB) + Sayuran Organik (KKI) + di Surabaya (KKL) = Jual Sayuran Organik di Surabaya (KKO)

Jadi, Kata Kunci Optimasi (KKO) yang Anda terapkan di website Anda melalui fitur Optimasi Website Beresweb.com adalah Jual Sayuran Organik di Surabaya.

Mengapa harus ada Kata Kunci Lokasi (KKL)?

KKL diterapkan untuk lebih mengkhususkan jasa/barang yang Anda jual di lokasi kota Anda, mengingat jika terlalu umum menggunakan Jual Sayuran Organik saja, maka akan terlalu tinggi persaingan di Google. Dan fitur Optimasi Website Beresweb.com yang kami berikan tidak berjalan efektif.

Sudah siap pesan Paket Website Informatif Beresweb.com?

Pesaing produk Anda juga membaca ini

Silahkan order sekarang juga

Referensi Artikel:

  1. http://panduanim.com/search-intent/
  2. https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
  3. http://panduanim.com/mencari-keyword/
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari